Ngecas Aki Kering

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Ngecas Aki Kering

Post by komidun on Sat Jun 07, 2008 5:37 pm

Article Date:
Source: Motor Plus Online

Minggu lalu diingatkan soal salah kaprah pasang aki kering di motor yang sebetulnya aplikasi aki basah. Berisiko jebol dan bisa buang duit. Begitupun ketika ngecarge atau ngisi ulang aki kering yang kekurangan setrum. Ada trik sendiri alias tidak boleh sembarang dan kudu ati-ati!

Guna membuktikan itu kru bagian training roda dua PT Indomobil Niaga International (INI) diajak melakukan uji coba. Menggunakan multitester guna mengukur arus listrik yang keluar dari kiprok (regulator rectifier).

Diambil sampel Suzuki Shogun 110 (aki basah) dan Shogun 125 (aki kering). Langsung di bawah pengawasan Paulus Suwandi bos training roda dua PT INI, pengukuran dilakukan. Dipatok gasingan mesin sama-sama 5.000 rpm.

Pada Shogun 110 (aki basah), dari kabel output positif pengisian kiprok didapat arus listrik 2 ampere. ?Beda dengan output yang keluar dari Shogun 125, hanya 1 ampere,? jelas Pendy Suryanda juga dari bagian training.

Kesimpulannya, aki kering hanya butuh listrik 1 ampere untuk isi ulang. Beda dengan aki basah harus 2 ampere agar terisi normal. Maka dari itu tidak cocok pasang aki kering di motor yang asalnya aki basah. Cairan elektrolit di aki kering mudah menguap jika arus yang disuplai kelewat besar. Akipun gampang jebol.

Begitupun bila mau ngecas ulang aki kering yang kekurangan setrum. Harus menggunakan charge khusus aki kering. Seperti charge buatan pabrikan aki GS. Hanya bisa melayani satu aki alias tidak bisa dibikin bercabang.

Selain itu peranti pengisi aki kering juga memiliki kontrol otomatis. Bila tegangan listrik di aki kering sudah lewat dari 12 volt, secara otomatis pengisian putus. Sehingga aki tidak panas dan enggak bakal meledak.

komidun
Site Admin
Site Admin

Number of posts: 119
Age: 105
Registration date: 05.06.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik